1.
a. pasar persaingan sempurna
ciri-ciri
·
pada pasar
persaingan sempurna terdapat banyak pembeli,
namun
mereka tidak mampu mempengaruhi harga.
Harga
dipasar ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran.
·
Dalam
pasarpersaingan sempurna terdapat banyak penjual seperti halnya pembeli,
penjual dipasar sempurna juga tidak mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi
harga.
·
Barang dan jasa
yang dijual bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan semua produk bersifat
identik. Oleh karma itu promosi dengan iklan tidak akan memberi pengaruh.
·
Adanya kebebasan
untuk masuk dan keluar dari pasar persaingan sempurna. Jika industri dipasar
ini mendapat keuntungan yang besar maka banyak perusahaan-perusahaan baru akan
ikut masuk kepasar, begitu pun sebaliknya.
·
Setiap pihak
dapat mengetahui keadaan pasar dengan mudah (perfeck information)
Pembeli
mengetahui jenis barang dan harga yang dikenakanoleh perusahaan. Demikian pula
penjual mengetahui tingkat permintaan konsumen, harga dan segala sesuatu yang
berkaitan dengan produk.
·
Adanya kebebasan
untuk mengambil keputusan.
Tidak
ada kekuatan luar yang bias mempengaruhi keputusan yang diambil oleh penjual
dan pembeli termasuk dalam hal ini pemerintah.
b. pasar
persaingan tidak sempurna
1. ciri-ciri pasar monopoli
·
Hanya ada satu
orang penjual
·
Terdapat banyak
pembeli
·
Produk untuk
pasar monopoli tidak mempunyai barang pengganti(substitusi) yang dekat.
·
Adanya hambatan
untuk masuk kedalam pasar
2. ciri-ciri pasar dugopoli
·
Terdapat banyak
pembeli dipasar
Seperti
pasar persaingan sempurna jumlah pembeli dipasar dugopoli sangat besar.
·
Hanya ada
beberapa penjual
Penawaran
satu jenis barang hanya dikuasai oleh beberapa perusahaan.
·
Produk yang
dijual bias bersifat homogen dan bias juga berbeda, namun memenuhi standar
tertentu.
Industri
yang memproduksi barang seperti ini banyak dijumpai dalam industri yang
menghasilkan bahan mentah seperti industri baja, alumunium, semen dan bahan
bangunan.
·
Terdapat hambatan
untuk memasuki pasar bagi perusahaan baru.
Meskipun
demikian , hambatan ini tidak sekuat pada pasar monopoli
·
Adanya saling
ketergantungan.
Kebijakan harga dan kuantitas produk satu produsen
akan terpengaruh terhadap kebijakan harga dan kuantutas produsen lain
·
Penggunaan iklan
sangat intensif
Iklan adalah salah satu senjata ampuh bagi
perusahaan-perusahaan oligopoliuntuk bersaing dengan perusahaan lain.
2. Pasar persaingan sempurna sulit dijumpai karma
homogenitas barang adalah syarat yang sulitdilaksanakan. Sehihingga konsumen
lebih sering dating ke pasar yang heterogen.
3. Oligopoli
Monopoli
4. Harga ditentukan oleh mekanisme permintaan dan
penawaran.
5. jenis monopoli yang terdapat di masyarakat
·
jasa angkutan
kereta api hanya dilayani oleh PT. KAI
·
Jasa sambungan
listrik hanya dilayani oleh PT. PLN
·
Dan Jasa air
bersih hanya dilayani oleh PDAM.
KELOMPOK 3 :
ANGGOTA : Mia kurniati
Lailatul anwariah
Agustina khaerunnisa
Agus budi setiawan
Veni masdiawati
Roni siantori
Tidak ada komentar:
Posting Komentar