Kamis, 15 Maret 2012

ekonomi


1.     a.  pasar persaingan sempurna
ciri-ciri
·        pada pasar persaingan sempurna terdapat banyak pembeli,
namun mereka tidak mampu mempengaruhi harga.
Harga dipasar ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran.
·        Dalam pasarpersaingan sempurna terdapat banyak penjual seperti halnya pembeli, penjual dipasar sempurna juga tidak mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi harga.
·        Barang dan jasa yang dijual bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan semua produk bersifat identik. Oleh karma itu promosi dengan iklan tidak akan memberi pengaruh.
·        Adanya kebebasan untuk masuk dan keluar dari pasar persaingan sempurna. Jika industri dipasar ini mendapat keuntungan yang besar maka banyak perusahaan-perusahaan baru akan ikut masuk kepasar, begitu pun sebaliknya.
·        Setiap pihak dapat mengetahui keadaan pasar dengan mudah (perfeck information)
Pembeli mengetahui jenis barang dan harga yang dikenakanoleh perusahaan. Demikian pula penjual mengetahui tingkat permintaan konsumen, harga dan segala sesuatu yang berkaitan dengan produk.
·        Adanya kebebasan untuk mengambil keputusan.
Tidak ada kekuatan luar yang bias mempengaruhi keputusan yang diambil oleh penjual dan pembeli termasuk dalam hal ini pemerintah.
         

      b. pasar persaingan tidak sempurna
          1. ciri-ciri pasar monopoli
·        Hanya ada satu orang penjual
·        Terdapat banyak pembeli
·        Produk untuk pasar monopoli tidak mempunyai barang pengganti(substitusi) yang dekat.
·        Adanya hambatan untuk masuk kedalam pasar

           2. ciri-ciri pasar dugopoli
·        Terdapat banyak pembeli dipasar                                                        
Seperti pasar persaingan sempurna jumlah pembeli dipasar dugopoli sangat besar.
·        Hanya ada beberapa penjual
Penawaran satu jenis barang hanya dikuasai oleh beberapa perusahaan.
·        Produk yang dijual bias bersifat homogen dan bias juga berbeda, namun memenuhi standar tertentu.
Industri yang memproduksi barang seperti ini banyak dijumpai dalam industri yang menghasilkan bahan mentah seperti industri baja, alumunium, semen dan bahan bangunan.
·        Terdapat hambatan untuk memasuki pasar bagi perusahaan baru.
Meskipun demikian , hambatan ini tidak sekuat pada pasar monopoli

·        Adanya saling ketergantungan.
Kebijakan harga dan kuantitas produk satu produsen akan terpengaruh terhadap kebijakan harga dan kuantutas produsen lain
·        Penggunaan iklan sangat intensif
Iklan adalah salah satu senjata ampuh bagi perusahaan-perusahaan oligopoliuntuk bersaing dengan perusahaan lain.


2.     Pasar persaingan sempurna sulit dijumpai karma homogenitas barang adalah syarat yang sulitdilaksanakan. Sehihingga konsumen lebih sering dating ke pasar yang heterogen.

3.     Oligopoli
Monopoli

4.     Harga ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran.

5.     jenis monopoli yang terdapat di masyarakat
·        jasa angkutan kereta api hanya dilayani oleh PT. KAI
·        Jasa sambungan listrik hanya dilayani oleh PT. PLN
·        Dan Jasa air bersih hanya dilayani oleh PDAM.












                            KELOMPOK 3         :
                      ANGGOTA               : Mia kurniati
                                                           Lailatul anwariah
                                                           Agustina khaerunnisa
                                                           Agus budi setiawan
                                                           Veni masdiawati
                                                            Roni siantori

Tidak ada komentar:

Posting Komentar